Senin, 04 September 2017

Memahami Formasi Sepak Bola





Semua orang suka menonton sepak bola yang bagus (atau sepak bola jika Anda tinggal di Amerika Serikat). Olah raga ini penuh gairah, kecepatan dan intensitas. Tapi, apakah Anda melihatnya melalui mata pelatih sepak bola? Apakah Anda mengerti bagaimana tim seharusnya bergerak melintasi lapangan? Pernahkah anda bertanya pada diri sendiri apa tujuan formasi sepakbola?

Saya bergairah tentang sepak bola. Saya tahu ini bukan olahraga yang sempurna karena pelatih tidak memiliki banyak kesempatan untuk memperbaiki sesuatu jika tim tidak berkinerja baik. Sebaliknya, para pemain bertanggung jawab untuk mempraktikkan gagasan pelatih yang dilatih selama seminggu.

Artikel ini adalah gambaran umum taktik dan strategi di balik sepak bola. Saya harap Anda menikmati membaca tentang topik menarik ini.

4-4-2

Formasi ini adalah yang paling umum dan biasa digunakan dalam sepak bola. Strictly, cara yang benar untuk mengekspresikan formasi apapun adalah 1-4-4-2 (satu untuk kiper, 4 pemain bertahan, 4 gelandang dan 2 pemain depan). Namun, angka 1 biasanya tidak ditulis untuk tujuan praktis.

Meski seperti formasi lama, ini digunakan oleh kebanyakan tim saat ini. Mungkin karena itu sangat seimbang atau mungkin karena tim sangat konservatif, faktanya adalah bahwa tim sangat menarik formasi ini.




Jika sebuah tim terbentuk dengan cara ini, ia harus memiliki lini tengah yang kuat untuk mengendalikan tindakan tersebut. Biasanya dua sisi baik punggung yang mampu menyerang dan melempar salib panjang dan beberapa striker yang terus berubah posisi untuk mengalihkan perhatian pertahanan lawan.

4-3-3

Formasi ini awalnya digunakan oleh Belanda, yang merupakan pencipta Total Soccer. Di sepakbola modern ini jarang terlihat, dan salah satu tim yang menggunakan formasi ini dengan cara yang hebat adalah Barcelona.

Karena hanya ada 3 pemain di lini tengah, bola sebaiknya tidak menghabiskan banyak waktu disini. Tujuan memiliki 3 ke depan adalah mengirim umpan panjang ke arah mereka (biasanya ke sisi) dan meminta mereka mencoba menggiring bola lawan terus-menerus.

Hal lain yang penting tentang 4-3-3 adalah bahwa ke depan mengambil bagian aktif dalam memulihkan bola, yang merupakan konsep hebat lainnya yang didominasi oleh Barcelona. Anda selalu melihat Lio Messi, Villa atau Alexis Sanchez membantu pulih secepat mungkin.

3-5-2

Formasi ini bisa dilihat di banyak tim latin (Brasil, Argentina, Meksiko) dan meski menampilkan banyak fitur menarik, sulit untuk diajarkan dan dipraktikkan. Karena itu, bila tim memiliki hasil buruk mereka biasanya kembali ke dasar 4-4-2.



Setiap posisi penting dalam formasi apapun, tapi dari sudut pandang saya apa yang membuat perbedaan antara tim yang berkinerja baik dengan 3-5-2 dan yang tidak, adalah sisi belakang. Pemain ini harus menjalankan seluruh lapangan untuk keseluruhan pertandingan, menjadi gelandang dan pemain depan. Ini berarti bahwa kadang-kadang Anda akan melihat 5-3-2 dan kadang-kadang 3-3-4.

Saya bisa terus menulis banyak halaman tentang formasi sepak bola, taktik formasi sepak bola, rencana pelajaran sepak bola dan banyak lagi, saya sangat senang membicarakannya, Sebagai gantinya, saya ingin Anda memberi tahu saya apa yang ingin Anda temukan saat Anda datang ke sini lagi.

Dan ingat bahwa sepak bola tidak hanya 22 pemain berlari menuju bola, strategi yang terlibat di balik setiap permainan sangat menakjubkan dan sangat berbeda dengan pelatih dengan pelatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar